Kualitas Kopi Kalosi di Akui Dunia

Posted: 17 Mei 2011 by Zalfa' Aqilah in My Village
Tag:, , , , , ,

Kopi Kalosi Menarik Investor dari Negara Eropa dan Amerika

kopi torajaTerletak di daerah pegunungan (dengan ketinggian hingga kurang 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl)) dengan iklim dingin, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu penghasil kopi berkualitas bagus yang mendapat pengakuan dari beberapa negara di dunia. Bahkan, tahun 2008, Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PKKI) menempatkan kopi hasil Tanah Duri di Bumi Massenrempulu tersebut di rating pertama terbaik di Indonesia.

Berdasarkan prestasi itu, Badan Pengelola Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (BP Kapet) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, wilayah Ajatappareng kemudian menjalin kerja sama dengan investor dari negeri jiran, Malaysia, yang mulai melirik dan tertarik dengan biji kopi petani Enrekang.

Kedatangan investor Malaysia sebagai tindak lanjut atas rencana MoU ekspor kopi Enrekang langsung ke Kuala Lumpur.
“Sejauh ini, kopi Enrekang paling banyak dibeli pengusaha-pengusaha dari Aceh. Pengusaha asal Acehlah kemudian memasarkan kopi Enrekang ke luar negeri, di antaranya Kuala Lumpur. Kopi Enrekang kemudian dikenal di Malaysia,” kata Direktur Umum BP Kapet Kota Parepare Bonggo Sodding kepada Kompas.com, Kamis (5/5/2011).

kopi kalosiDi Kabupaten Enrekang, penghasil kopi terpusat di beberapa wilayah, antara lain Desa Bone-Bone di Kecamatan Baraka, Desa Buntu Sarong dan Desa Batu Kede di Kecamatan Masalle, Kecamatan Baroko, dan Desa Buntu Mondong di Kecamatan Buntu Batu.
Selain Malaysia, cita rasa kopi Enrekang juga menarik perhatian tiga investor asal Australia, China, dan Jerman. Tiga negara itu belum lama ini juga menyatakan keseriusannya menggarap potensi kopi arabika di Kabupaten Enrekang, yang rata-rata per tahun di tiap desa bisa menghasilkan 300 ton.

Akhir-akhir ini semakin banyak investor yang tertarik dengan komoditas kopi Enrekang, hal itu semakin menambah semangat petani setempat untuk lebih mengembangkan tanaman kopi. Lagi pula, kopi memang tumbuh subur, utamanya di Duri yang terletak di dataran tinggi Enrekang. Kopi Toraja

Selain pemasaran yang lebih mudah, harga jual kopi Enrekang pun terus merambat naik. Saat ini, harga kopi jenis arabika mencapai 180 dollar AS (setara Rp 160.000) per kilogram.

Tahun 2010-2011, kualitas Kopi di Desa Batu Kede, Desa Buntu Sarong dan salah satu desa di Kecamatan Baroko mendapat apresiasi khusus dari Papua New Gini, Australia dan Afrika. Kelompok Tani di daerah tersebut mendapat pelatihan khusus untuk tetap mempertahankan kualitas kopi yang mereka miliki. Hingga saat ini, Kopi dari dua desa tersebut tetap menjadi pemaok terbesar dan terbaik untuk pabrik kopi milik Amerika yang berlokasi di toraja (penghasil merk “Kopi Toraja”).

Biji KopiMerk “KOPI TORAJA” yang beredar luas ke seluruh dunia dan menjadi minuman termahal di Francis ini adalah kopi yang bersumber dari dua kecamatan tersebut. Dan menurut salah satu pedagang (pemasok kopi ke pabrik di toraja ini), kopi terbaik dan terbanyak yang masuk di pabrik itu bersumber dari desa batu kede, buntu sarong (Kecamatan MAsalle) dan daerah redak Kecamatan Baroko.

sumber :pengamatan sendiri dan berbagai sumber lainnya.
Fiyank (anak asli Desa Batu Kede, Kecamatan Masalle, yang lagi menempuh pendidikan di IPB Bogor) –

Iklan
Komentar
  1. emilahud berkata:

    cari investor yu,,
    kita ajk kerja sama untuk pemberdayaan kopi dan palawija di enrekang…
    sy rasa banyak di IPB..
    kalau bs enerekang dibuat kayak bandung
    jadi wisata agrobisnis.
    setuju tidak

    • Zalfa Aqilah berkata:

      yo…………, tapi bln lalu katanya ada investor dari malaysia dah masuk.. mereka dah berani tanam saham d sana

    • skompak berkata:

      Setuju banget tuh.., kalosi & sekitarnya (Kab.Enrekang) selain sangat cocok untuk daerah Wisata juga sangat pantaslah untuk dijadikan Daerah Pusat Tanaman Kopi (salah satu Penghasil Kopi) yang bermutu Internasional. Saya juga sangat berminat untuk ber-investasi disana khususnya bidang Perkopian & Pariwisata.

      • Zalfa' Aqilah berkata:

        mantap tuch ,, tapi harus deal dulu dengan petani jagn sampai investor dah masuk, eh petaninya malah kehabisan stok,,, skrg kan pada ramai2 nebang kopinya buat digantiin dengan sayur jangka pendek… takutnya nanti malah kita yg disesali investor,, hehe

      • Zalfa' Aqilah berkata:

        waouhhgg… Mantap seklali rencananya pak…
        Masalah petani, Nanti saya yg usahakan cari pengumpul… kebetulan kampung saya (Kec, Masalle, dan Kec Baroko sdh terbukti penghasil kopi terbaik yg pernah diteliti…
        klw bpk serius berminat, nnti kita komunikasi secara intens…

  2. iwan berkata:

    rasanya kyk gimana sech ?

  3. Pabunobuno Jutsu berkata:

    mw juga ach, kembangkan kopi kalosi biar nama to duri di kenal lagi di dunia coooyyy

  4. Pabunobuno Jutsu berkata:

    kalosi ku sayang mmmmmmmuuuaaaccchhh

  5. jk berkata:

    Salah satu kopi terbaik yg pernah saya minum

  6. MIDDIN berkata:

    POTENSI DAERAH ENREKANG PERLI DI TINDAKLANJUTI OLEH PEMERINTAH SETEMPAT

  7. Mhd.ilham berkata:

    kopi………..asik d minum apa lagi klw dlm kedaadaan dingin..

  8. Kipli berkata:

    Saya sangat bangga ternyata Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi yang berkualitas bagus di dunia. Di Indonesia saja, kopi ini mendapat predikat kopi terbaik.
    Tentu rasanya tidak di ragukan lagi ya ? Sudah pasti aman.


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s