Dokter Terbaik

Posted: 3 Juni 2011 by Zalfa' Aqilah in Kesehatan
Tag:, , , ,

Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik

tubuh sehat

Pada zaman yang konon disebut modern, dimana masyarakatnya menganggap sehat itu identik dengan obat dan dokter, semakin hari semakin jauh dari memahami makna sehat. Hal ini justru meracuni pola pikir dan paradigma sehat di masyarakat. Padahal kita semua tahu bahwa pencegahan merupakan dokter yang terbaik dan termurah, dan itu bisa dilakukan oleh pemilik tubuh sendiri yaitu kita, bukan obat atau dokter.

Melihat kenyataan itu, maka muncul suatu ajakan untuk merenung dan memikirkan sebuah konsep berslogan “back to nature”, karena adanya keyakinan bahwa kita bisa menjadi “dokter” bagi diri sendiri. Sehat bisa diperoleh saat kita menikmati tidur yang pulas, bisa bernapas dengan lega, merasakan makanan yang enak dan sehat, serta membentuk pola hidup yang antisipatif dan berorientasi pada sehat secara alami.

Sejurus itu, kita dipandu untuk belajar berkomunikasi dengan tubuh yang merupakan sekumpulan sel ajaib, mesin yang rumit serta pabrik senjata kimia buatan Tuhan. Dijelaskan juga bagaimana Jantung bekerja sebagai pompa ajaib yang bekerja 24 jam sehari tak berhenti barang sedetik, selama kita hidup. Kemudian paru-paru sebagai pengolah udara yang terdiri dari sepasang organ pensuplai oksigen ke seluruh tubuh. Belum lagi Liver/Hati sebagai pabrik kimia tercanggih buatan Tuhan, sebagai gudang dan pensuplai darah, penawar racun sekaligus pengatur kadar gula darah agar diperoleh keseimbangan antara sumber energi yang bersinergi dengan kebutuhan energi tubuh dalam aktifitasnya. Belum lagi ginjal sebagai alat pembersih darah sekaligus penentu keseimbangan tubuh dan cairannya, sehingga membuatnya menjadi sumber kehidupan. Dan tak kalah pentingnya diantara semuanya adalah Otak, sebagai komputer tercanggih ciptaan Tuhan yang mengatur seluruh kerja dari setiap organ tubuh tanpa terkecuali, bahkan ketika kita tidur.

Itulah yang kemudian menjadi signal positif dari setiap organ tubuh dalam mengatur metabolisme serta sistem kerja tubuh sehingga diperoleh keseimbangan antara suplai yang diproduksi tubuh dengan kebutuhan energi untuk beraktifitas. Bagaimana diperoleh ? bahkan dari yang sederhana sekalipun yaitu bagaimana mengoptimalkan kualitas tidur dapat bermakna sehat, karena saat itu seluruh organ tubuh sedang memperbaiki sel-sel yang rusak. Belum lagi konsumsi makanan yang sehat seperti apa yang paling mudah diproses oleh mesin pengolah makanan di tubuh kita yaitu Lambung, sehingga dia tidak lagi menjadi sumber utama penyakit. Dan selanjutnya diperkuat dengan terapi puasa yang dapat menyehatkan tubuh karena memberikan waktu jeda untuk mesin pengolah makanan melakukan perbaikan-perbaikan.

(DR. Husen A. Bajry; M.D.; Ph.D.)

http://id.shvoong.com

Iklan
Komentar
  1. […] KKL, konservasi, no take zone, pengelolaan perikanan, sumberdaya kelautan, SUSTAINABILITY ← Dokter Terbaik Siput Batu Laga (Turbo marmoratus) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s