Mencegah Artikel Dicopy Paste

Posted: 4 Juni 2011 by Zalfa' Aqilah in Internet
Tag:,

Setelah beberapa hari yang lalu, saya menanyakan diForum Bantuan WordPress.com Indonesia tentang bagaimana membuat tulisan agar tidak dicopy paste oleh pembaca, pertanyaan tersebut langsung direspon oleh kawan-kawan blogger WP yang lain.  Dari berbagai saran dan masukan yang ada, saya tertarik untuk menampilkan kembali salah satu jawaban dari sekian banyak jawaban yang masuk.  Jawaban itu aku pilih karena selain menarik, juga karena begitu besarnya perhatian jawaban itu terhadap pertanyaan yang saya ajukan sampai-sampai jawabannya diposting di halaman blog milik bapak yang menjawabnya. 

Diposkan oleh The Bloggerian Reactor
Artikel ini untuk menjawab pertanyaan zalfaaqilah “gimana membuat tulisan kita tidak bisa dicopy paste pengunjung ???” . Ada banyak cara untuk mencegah artikel kita dicopas mentah2 oleh pengunjung, minimal membuat mereka ‘sedikit berusaha’ agar artikel kita bisa dicopas dan diubah.

  1. artikel dibuat dalam bentuk gambar gif, jpg atau png. hal ini sudah jamak dilakukan oleh para anggota deviantart. Mereka umumnya menuliskan tutorialnya dalam bentuk gambar. Banyak software yang bisa digunakan untuk cara ini. Cara termudah adalah dengan melakukan ‘printscreen’ he3x
  2. artikel dibuat dalam bentuk PDF, dengan menggunakan software PDFCreator kita bisa mengatur apakah artikel tsb hanya bisa dibaca saja tanpa bisa dicopy apalagi dicetak atau kita bebaskan orang lain untuk melakukan apa saja terhadap artikel kita. Dengan software tsb kita juga bisa mempassword atau membatasi umur bacanya.
  3. artikel dibuat dalam bentuk swf. OpenOffice bisa digunakan untuk menghasilkan file dalam bentuk swf.  Jika kita tidak mau ribet maka kita bisa memanfaatkan fitur free swf converter online yang disediakan oleh situs tertentu, contohnya : http://online.print2flash.com/. Melalui situs tsb. kita bisa mengubah artikel kita menjadi berformat swf secara online.

Terlepas dari semua hal di atas, marilah mulai sekarang kita mencoba menghargai karya orang lain (apapun bentuknya) dengan ‘paling tidak menyebutkan dari mana hasil karya tersebut’. semoga dengan begitu kemajuan bangsa ini semakin pesat dalam hal ilmu dan pengetahuan.

sumber : The Bloggerian Reactor (multimediaduaribusebelas)

Iklan
Komentar
  1. tommywahyuutomo berkata:

    tapi kalo di copas pake source link asli gpp deh mas, yah itung2 berbagi hehehhe

    Tp nice post nih, point ke 3 mu coba ahhhh

    visit yah mas bro ke http://tommyvotograph.wordpress.com/ d^_^b

  2. terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, selain cara di atas bisa juga dengan melakukan cara sbb : http://ohsyahkira.wordpress.com/2010/10/23/cara-terhormat-melakukan-copy-paste-di-wordpress-com/

  3. Zalfa' Aqilah berkata:

    bung tommy

    iya sech… kalau link aslinya didiikutkan mlh lbh bagus, tapi klw nggak dan justru merubah sebagian isinya wahhh,,, kasian yg punya tulisan dah capek nulis, tapi dinikmati org lain,, heheh.. hm..
    ini juga skdr bahan pljrn bagaimn menghindari plagiat.

    The Bloggerian Reactor terima kasih kembali pak.. ok akan dicoba. ini baru tahap belajar pak jadi semuanya baru coba-coba.. hehehe
    salam sukses

  4. Silma berkata:

    Jadi seperti itu ya, cara mengantisipasi agar para penyimak artikel yang kita posting tidak di copas. Saya sbg blogger merasa terbantu atas sarannya, terimakasih.


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s