Prediksi Awal Bulan Ramadhan 1433 Hijriyah

Posted: 18 Juli 2012 by Zalfa' Aqilah in Dunia Islam

Prediksi Awal Bulan Ramadhan 1433 Hijriyah

Kamis 19 Juli 2012 sore merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1433 Hijriyah. Hal ini berdasarkan pada Taqwim Standard Indonesian hasil rukyat pada bulan sebelumnya yang menyimpulkan sama. Hari itu dari Pos Observasi Bulan Bukit Bela-belu Parangkusumo, Matahari terbenam pada pukul 17:36 WIB pada azimuth 290°48′ atau 20,8° di Utara titik Barat. Tinggi Hilal saat Matahari terbenam 1°40′ atau 1,7° di atas ufuk mar’i di kiri-atas Matahari. Bulan terbenam pada 17:45 WIB pada azimuth 286°6′. Pada kondisi seperti ini secara astronomis Hilal mustahil dirukyat baik menggunakan mata telanjang maupun teleskop. Namun demikian kegiatan rukyat tetap dilaksanakan sesuai perintah rukyat yang harus dilakukan pada setiap tanggal 29 bulan berjalan serta pembuktian di lapangan ketidak nampakan hilal.

Untuk melihat jadwal imsakiyah di tiap-tiap kabupaten di seluruh indonesia, 

http://rukyatulhilal.org/imsakiyah/

Ketarangan :
1. Awal Ramadhan dan Syawwal 1433 H mengikuti Keputusan Pemerintah RI.
2. Jadwal berlaku untuk wilayah kota ybs. dengan radius maksimal +/- 25 km.
3. Jadwal sudah ditambah waktu ihtiyati (pengaman) sebesar +/- 2 menit.
4. Jadwal berdasarkan Kriteria Jadwal Shalat Kementerian Agama RI.
5. Awal Ramadhan kali ini kemungkinan ada perbedaan

Ijtimak / Konjungsi / New Moon
Visibilitas (kenampakan) Hilal pada hari terjadinya Ijtimak selepas Matahari terbenam di seluruh dunia khususnya kawasan Indonesia ditunjukkan pada gambar peta di bawah ini. Peta visibilitas mengacu pada Kriteria Odeh yang mengadopsi Limit Danjon sebesar 6° yaitu syarat sudut elongasi Hilal terhadap Matahari agar dapat terlihat. Kriteria tersebut dikemas dalam sebuah software Accurate Times yang menjadi acuan pembuatan peta visibilitas ini.

Hilal

KETERANGAN :

  1. Sangat tidak mungkin daerah yang berada di bawah arsiran MERAH (E) dapat menyaksikan Hilal, sebab pada saat itu Bulan terbenam lebih dulu sebelum Matahari terbenam atau ijtimak lokal (topocentric conjunction) terjadi setelah Matahari terbenam.
  2. Daerah yang berada pada area BIRU TUA (D) (tak berarsiran) juga tidak memiliki peluang menyaksikan hilal sekalipun menggunakan alat bantu optik (binokuler/teropong), sebab kedudukan Hilal masih sangat rendah ( <6° ) dan terang cakram Bulan masih terlalu kecil sehingga cahaya Hilal tidak mungkin teramati.
  3. Hilal baru mungkin dapat teramati menggunakan alat bantu optik pada area di bawah arsiran BIRU MUDA (C). Pada area ini pun masih sangat sulit karena dibutuhkan kondisi langit yang sangat cerah terutama di langit Barat.
  4. Wilayah yang berada dalam arsiran UNGU (B) hanya dapat menyaksikan hilal menggunakan alat bantu optik sedangkan untuk melihat langsung dengan mata diperlukan kondisi cuaca yang sangat cerah dan ketelitian pengamatan.
  5. Hilal dengan mudah dapat disaksikan pada area di bawah arsiran HIJAU (A) baik menggunakan mata telanjang apalagi menggunakan peralatan optik dengan syarat kondisi udara dan cuaca cukup baik.
  6. Peta ini dibuat dan hanya berlaku untuk daerah 60° Lintang Utara sampai 60° Lintang Selatan.

sumber : http://rukyatulhilal.org/visibilitas/indonesia/1433/ramadhan/

 

Iklan
Komentar
  1. Lany berkata:

    Dengan penghituan yang akurat, yang di lakukan oleh para ahlinya maka kita bisa mengikuti awal bulan ramadhan yang sudah di tetapkan / di syahkan pemerintah, kemetrian agama. Mungkin ada sedikit perbedaan antara NU / Muhammadiyah, dsb dalam cara perhitungan penentuan awal ramadhan.


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  2. Bintang berkata:

    Bulan ramadhan tentu sangat di sambut suka cita oleh seluruh umat islam di seluruh dunia.
    Dan saya membaca awal puasa mendatang jatuh pada tanggal 27 mei 17, informasi ini saya dapatkan dari media internet. Mengenai kebenaran penentuannya, biasanya pemerintah akan melakukan cara penghitungan khusus rukyatulhilal.


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  3. Dara berkata:

    Penentuan awal bulan ramadhan dalam menjalankan ibadah puasa, setiap tahunnya pasti ada perbedaan. Di Indonesia saja karena Islam yang di yakini berbeda maka cara penghitungan ruktyatulhilal pun berbeda, karena cara penghitungan yang bebeda pula.
    Tapi meski ada perbedaan kita mesti saling toleransi.

  4. Amelia berkata:

    Tahun ini tak lama lagi kita akan menjalankan ibadah puasa ramadhan, saya harap kita menyambutnya dengan penuh suka cita. Penentuan awal puasa untuk tahun ini biasanya di lakukan cara penghitungan khusus. Tapi, nanti waktunya sudah cukup dekat.

  5. Irna berkata:

    Sudah tidak sabar nih, menunggu penentuan awal bulan ramadhan tahun ini kapan ?
    Terimakasih sudah memberikan informasi bagaimana cara penghitungan penentuan awal bulan ramadhan nya.

  6. Nina berkata:

    Tentunya penentuan awal bulan ramadhan salah satu momen istimewa, yang saya tunggu setiap tahunnya. Karena bulan ramadhan bulan untuk mensucikan diri.

  7. Anjani berkata:

    Saya benar-benar antusias menyambut datangnya bulan penuh berkah, penuh pahala, dan penebus dosa yaitu bulan Ramadhan. Dan sangat saya tungguh prediksi penentuannya kapan ?

  8. Susi berkata:

    Saya sebagai seorang muslim sangat excited dengan bulan ramadhan setiap tahunnya. Sebelum itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kpn penentuan awal ramadhan di lakukan.

  9. Alea berkata:

    Tidak lama lagi kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan di tahun 2017 ini, sebelum itu mari kita suci kan diri dari segala dosa yang ada pada diri kita.

  10. Ana berkata:

    Ibadah pusa pada tahun 2017 di harapkan kita menjadi manusia yang lebih baik lagi, kembali pada kesucian / fitrah. Dan tepat tadi malam telah di laksanakan nisfu syaban, berarti tinggal menghitung 2 minggu ke bawah kita akan menjalankan ibadah puasa.


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  11. Aski berkata:

    Saya jadi tidak sabar ingin segera memasukin bulan suci penuh rahmat dan ampunan, yaitu bulan Ramadhan. Yu, kita tunggu penentuan awal bulan ramadhan yang akan di lakukan mentri agama dan para ahli.

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  12. Adrian berkata:

    Kurang dari 2 minggu lagi nih, kita akan memasuki bulan penuh rahmat yakni Ramdhan. Bulan ini sangat di tunggu-tunggu seluruh muslim di dunia.

  13. Iqbal berkata:

    Tentunya kita semakin dekat dengan awal bulan ramadhan. Diharapkan kita bisa bisa menjadi orang yang suci kembali.

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  14. Rahmayanti berkata:

    Penentuan awal Ramadhan telah kita lalui. Kini saatnya jadikan diri lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s