Setujukah Anda Bila Ibukota Negara RI (Jakarta) Pindah ke Luar Jawa ?


Pertumbuhan penduduk dan kendaraan yang menggila menyebabkan semakin tingginya tekanan hidup di kota Jakarta.  Polemik bukan hanya menumpuk persoalan lingkungan, tapi juga dilema sosial dan ekonomi. Isu tersebut menimbulkan wacana pemindahan Ibukota RI dari Jakarta ke kota lainnya di Indonesia. 

Ada tiga prasyarat utama bagi sebuah daeah untuk menjadi ibu kota negara dan pusat pemerintahan, yakni  ketersediaan lahan yang luas, jumlah dan kepadatan penduduk, dan kerentanan terhadap bencana alam. Dari ketiga syarat tersebut, daerah yang dianggap memenuhi syarat ialah ibu kota Kalimantan Tengah, “PALANGKARAYA”.  Di sana lahan masih sangat luas, kepadatan jumlah dan kepadatan penduduk masih rendah dan merupakan daerah paling aman dari berbagai bencana alam.

Setujukah anda bila ibukota Negara Jakarta benar-bena rpindah ke Palangkaraya ???

Berikan pendapat anda lewat polling di bawah ini :

Iklan
Komentar
  1. Roni piterson berkata:

    Sangat setuju

  2. endruzz berkata:

    Saya sangat setuju jika ibukota dipindah ke kalimantan , supaya ada pemerataan pembangunan .Sekarang ini pembangunan hanya berpusat di pulau jawa terutama jakarta . Dan itu sangat tidak adil ., tidak sesuai dengan Pancasila : Keadilan Soaial bagi seluruh rakyat Indonesia , rupanya itu hanya sekedar wacana saja .Pemerintah pusat sangat tidak adil pada daerah contohnya di FreePort .Pemerintah pusat mengeeruk habis-habisan kekayaan tanah papua , sementara itu rakyat papua sendiri tidak bisa menikmati hasil tambang untuk kesejahteraan mereka . Itulah salah satu keserakahan “JAKARTA”dan bukan tidak mungkin daerah-daerah ingin memisahkan diri dari NKRI karena merasa tidak diperhatikan kesejahteraanya oleh pusat.

  3. NURUDIN WATONI berkata:

    kalo ada yang lebih baik dari jakarta Why not????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s